Super Short Weekend Gateaway in Bali

Hai guys! Alhamdulillah di penghujung tahunn 2019 ini gue bisa buka blog yang sudah sekian lama terbengkalai ini uwu. Oke, today I'm gonna write my very short weekend gateway in Bali. Jadi, bulan Oktober lalu gue lagi pengen banget -nget -nget deh pokoknya ke pantai supaya pikiran gua ini tenang, singkatnya gua butuh refreshing gitu deh dan akhirnya gue memutuskan untuk pergi ke Bali sama satu orang temen gue, berangkat Jum'at malam setelah pulang kerja terus balik Senin dini hari hehe.
         Hari pertama di Bali gue pergi ke Pulau Nusa Penida, untuk bisa sampai ke Penida kita harus naik kapal dulu dari pelabuhan Sanur. Oh ya, di sini gue pake jasa travel dan bisa kalian check di sini waktu itu gua ambil paket yang 1 day 1 night + snorkelling plus juga sama jemputan. Pagi-pagi kita yang masih pada molor (maklum masih ngantuk guys, sampe Bali pagi-pagi buta dan baru check-in pukul 01.30 A.M) udah dicalling sama bli yang bakal jemput kita di hotel dan nganter kita ke Sanur, BTW ini bukan jemputan yang private ya guys, jadi kita nanti bakal join sama turis lainnya untuk ke Sanur. Sampai di Sanur bli yang jemput kita udah kerja sama dengan salah satu jasa penyedia kapal untuk sampai ke Penida, jadi kita cuma tinggal duduk terus konfirmasi nama nanti dikasih tiket deh sama penyedia jasa kapalnya. Harga yang kita bayar ke travelnya udah include sama harga jemputan + tiket PP speed boatnya. Jadi, kalo kalian mau ke Penida tanpa travel bisa aja kok, kalian tinggal dateng ke Sanur nanti beli tiket kapalnya ke salah satu penyedia jasa kapal yang kalian minati, karena di sana banyak banget yang nawarin tiket speed boat, harganya kurang lebih 70 ribu/orang untuk sekali nyebrang, berati kalo PP 140rb/orangharganya akan beda kalo kalian adalah turis asing heheheh, sebaiknya book dari jauh-jauh hari sih, takutnya nanti kehabisan tiket. Waktu itu kita sampai di Penida kurang lebih pukul 10.30 WITA , dan bli yang jemput kita udah siap nunggu di sana sambil bawa-bawa nama kita (jadi gak usah bingung guys). Oh ya, buat kalian yang perginya tanpa jasa travel alias mandiri, kalian bisa kok sewa motor atau mobil. Harga sewa motor 50 ribu/ hari kalo sewa mobil gue kurang tahu, banyak kok di sana yang plesiran di Penida tanpa travel, kebanyakan turis-turis asing. Kalo kalian ga mau repot sewa mobil kalian bisa booking travel kaya gue dari jauh-jauh hari atau pas sampai di Penida itu banyak juga tour guide lokal yang nawarin jasa travel on the spot, jadi tergantung keinginan kalian aja maunya yang kaya gimana gitu. Tips supaya harga travel lebih murah kalian perginya kalo bisa lebih dari tiga orang guys, karena harganya bakal jauh lebih murah. Saran gue sih untuk kalian yang mau pergi ke sana tanpa guide, kalian baca-baca dulu spot yang bagus di Penida supaya pas sampe sana ga kebingungan.
          Pertama kali sampai di Penida kita langsung cus ke tempat snorkeling, jadi gak langsung ke hotel dulu, karena kalo ke hotel dulu nanti snorkelingnya kesiangan keburu panas. Oh ya, untuk travel di Penida ini gua ambil yang private tour jadinya gak di campur sama turis lain dan betul-betul cuma gua, temen gue, sama tour guide gue. Ini adalah pengalaman pertama gua snorkeling ahhahaha (ngaku-ngaku beacholic tapi snorkeling aja gak pernah dew-dew). Ternyata gunain alat snorkelingnya itu lumayan susah guys, mungkin karena gue gak terbiasa kali ya, dan karena ini snorkeling pertama terus gue juga jarang banget berenang di laut lepas jadinya gua memilih untuk pake pelampung dulu, takut tenggelem hehehehheh. Persaan pertama gua saat snorkeling di Penida adalah amaze  banget sama keindahan bawah lautnya, betul-betul bagus banget ya Allah dan menyadarkan gua betapa kecilnya gue dan permasalahan gue di muka bumi ini dibandingkan kekuasaan ALLAH SWT, masyaAllh itu bener-bener baguuuussss, you should go here. Ini foto-fotoya kalo kalian mau lihat, kalo di foto ini memang tidak kelihatan jelas bagusnya, tapi dijamin bikin nagih banget.

Supaya ikan-ikannya berdatangan kita dikasih roti sama tour guidenya buat makanan ikan. Lautnya masih bersih banget dan super jernihhhhh, jadi suka sedih kalo liat beberapa pinggiran pantai di Indonesia ada sampah-sampahnya, padahal pemandangan bawah lautnya bagus banget. Kita dateng ke tiga spot snorkeling di Penida, untuk detail spotnya mana aja kalian bisa langsung cek websitenya yang tadi udah gua kasih linknya ke kalian. Pokoknya recomended banget! Hmmm, tadi kan awalnya gua pake pelampung, terus dengan jiwa kesotoyan yang sangat tinggi akhirnya gua memberanikan diri untuk lepas pelampung dan ternyata lebih enak gaes, kebetulan arusnya juga ga terlalu kenceng jadi mudah menyesuaikan dirinya dan lebih bebas. Sebenernya spot yang sangat ingin gua datengin adalah Manta Bay, di sana kita bisa berenang bareng manta, tapi sayangnya kalo kita dateng ke sana belum tentu bisa ketemu manta (jadi tergantung keberuntungan) selain itu harga untuk ke sana juga lebih mahal, tapi ga ada salahnya untuk dicoba kok, siapa tau kalian orang yang beruntung. Pokoknya kalian kalo ke Penida harus coba snorkelingnya si, karena sebagus itu, dan senagih itu. Penida is a great place lah pokoknya
          Next, setelah lelah snorkeling (jujur emang bikin ngos-ngosan guys) kita langsung cus ke hotel buat bilas, makan siang, sama istirahat bentar. Trip gue ke Bali ini gatau kenapa merasa beruntung aja, karena pengalaman pertama ke sini gue bisa liat sebagian dari prosesi ngaben (klik langsung "ngaben" nya kalo kalian mau tahu lebih lanjut). Fotonya ada di bawah sini, cuma satu mon maap ya guys, karena guae tipe orang yang take one moment and enjoy it. Prosesi ngaben adalah prosesi yang sangat ingin gua lihat dan alhamdulillah bisa lihat langsung walaupun cuma secuplik :(.
          Setelah menempuh perjalan kurang lebih 30 menit, akhirnya gua sampai di hotel "Cemara Beach", hotelnya bagus guys, letaknya bener-bener di pinggir pantai. WOW banget deh pokoknya.

Nah, gambarnya ada di atas ya guys, bagus banget kan? Lagi-lagi dari hotel ini gue dibuat  kagum sama ciptaan Allah SWT. Sampai di hotel langsung disuguhkan makan siang sama teh manis anget. Makan siang yang disuguhin halal kok, karena lauknya ikan jadi ga usah khawatir, di menu makan siang ini tidak ketinggalan ada sambal matah khas bali, ikan asap, ikan balado, terus apalagi ya lupa, pokoknya ikan. Terus rasa teh manisnya juga beda sama teh manis di Jakarta hehehe. Kalian bayangin ya, nikmat Tuhan mana lagi yang kalian dustakan, makan siang, minum teh anget, sambil mandangin pemandangan yang super bagus ini. Jujur sebagus itu guys, apalagi buat kalian pecinta pantai, gue sangat menyarankan hotel ini. Siang-siang dengerin suara deburan ombak, bener-bener menangkan hati.
          Oh ya, tulisan gua tentang super short weekend gateway akan gua bagi jadi beberapa part, supyaa bisa detail banget gua jelasin ke kalian yang mau ngabisin waktu weekend di Bali. Gue emang masih pemula banget-banget si, tempat yang gua kunjungin juga masih bisa dihitung dengan jari, terus gua juga masih pake jasa travel tapi gue seneng aja gitu bagi-bagi pengalaman siapa tahu berguna ya kan untuk kalian para pembaca. Kebetulan gua juga tidak terlalu suka untuk upload banyak foto di Instagram dan Instagram story jadi gue lebih memilih blog ini deh.
         Sekian dulu part 1 ya guys, nanti pasti akan ada part 2 nya, nih gue kasih dulu sneak peak buat part 2
Gambarnya miring-miring gitu mohon dimaafkan.
          Sekian dulu tulisan untuk part 1 nya mohon maaf kalo orang pertamanya ganti-ganti dimulai dari kita, gue dan gua, maaf juga kalo banyak typonya dan tidak menggunakan PUEBI yang tidak baik dan tidak benar. If you have some questions ask me, and I kindly to answer it. Bisa langsung klik di sini kalo kalian mau baca part 2. MAACIW :)