Super Short Weekend Gateway in Bali Part 2


Hai, balik di tulisan gua Super Short Weekend Gateaway in Bali Part 2, buat kalian yang belum baca part 1 bisa banget langsung kllik di sini. Jadi, di tulisan gua kali ini akan mengulas lebih banyak tentang Nusa Penida. Nusa Penida terkenal banget sama keindahan pantainya dan batu-batu besar terus sunsetnya yang super bagus. Tapi, kali ini yang bakal gua ceritain adalah Nusa Penida bagian Barat (West) karena gua ngambil paket travel yang cuma ke Barat.

                Setelah ngeteh, bilas-bilas cantik, dan solat dzuhur pukul 13.30 WITA kita berangkat lagi explore Penida bagian Barat. Jalanan untuk menuju ke tempat-tempat yang terkenal itu cukup terjal dan mengerikan guys (lebay sekali saya). Menurut guide gua jalanan sekarang sudah bagus, ga kaya dulu yang masih berantakan, dan muatnya satu mobil doang hal ini karena sekarang Penida sudah banyak di kunjungi wisatawan baik domestik/lokal dan kata guide gua juga Penida ini baru terkenal sekitar 2-3 tahun lalu, jadi mungkin ini adalah objek wisata baru gitu kali yak. Sepanjang jalan gua sering berpapasan sama wisatawan lain yang memilih untuk explore Nusa Penida pake sepeda motor dan tanpa guide, ini yang tadi gua bilang di awal ga usah takut ilang, karena banyak kok yang explore sendiri pake sepeda motor. Perjalanan pertama kita menuju Angels Billabong dan Broken beach (mereka ini satu tempat parkir mobil) lumayan lama perjalanannya kurang lebih 45 menitan, pokoknya gua sempet tertidur pulas banget.

                First, Angel’s Billabong. Tempat ini dinamain Angel’s Billabong karena menurut kepercayaan tempat ini sering dijadikan untuk pemandian para bidadari. Airnya bening banget guys, dan muncratan ombaknya kalo lagi besar bisa sampai ke daratan. Sayangnya, kita ga boleh turun ke bawah dengan alasan keamanan. Kalo mau foto-foto di sini hati-hati, batunya tajam-tajam dan besar.



Sebelum ke Angel's Billabong kita pasti bakalan ngelewatin tempatnya Manta (jadi klo kalian snorkeling ke Manta Bay pasti kalian akan ke sini). Fotonya yang bawah!
 daerah laut yang di bawah situ katanya itu tempat biasanya manta-manta berkumpul, fyi ombaknya gede banget malah terkadang bisa sampai melewati tebing yang tinggi itu. Jadi, kalo mau foto-foto di pinggir tebing hati-hati ya pertama anginnya kenceng banget, terus batunya juga besar-besar jaga keseimbangan. BTW saat baru parkir kendaraan kita ini udah langsung disuguhin sama pemandangan Manta Bay ini, jadi ga usah jalan jauh-jauh .
Menurut gue, waktu paling pas untuk ke sini adalah saat menjelang sore mungkin sekitar pukul 14.30 atau 15.00 karena mataharinya lagi bagus-bagusnya (tidak terlalu terik dan bisa buat muka glowing kalo difoto) terus bisa liat sun set juga.

                Next, kita ke Broken Beach, untuk bisa sampai ke Broken beach kita cuma perlu jalan sedikit mendaki dari Angel’s Billabong, lima belas menit sampe lah ya. Menurut cerita,  Broken Beach ini dulunya adalah sebuah desa yang banyak penduduknya, terus pada suatu hari ada “sesuatu dari laut” yang diambil sama salah satu warga dan warga tersebut ga ngaku kalo dia yang ngambil. Lalu si pemiliknya ini marah dan jadilah satu desa itu musnah (kalo ga salah tenggelam) dan tebing yang berlubang itu dulunya adalah tebing utuh tapi hancur karena kemarahan pemilik “sesuatu tersebut”, btw cerita itu gua dapetin dari guide gue guys jadi bukan dari imajinasi semata. Broken beach ini juga bagus banget, tapi sayang kita semua ga punya akses untuk ke sana, speed boat aja ga bisa loh menjamah pantai ini, karena arusnya yang cukup kencang. Bisa kalian lihat di bawah ya sebagus apa pantainya, bening banget. Fyi aja Broken Beach dan Angel’s Billabong ini kalo sore cukup berangin


                Setelah dari Broken Beach dan Angel’s Billabong perjalanan dilanjutkan ke Kelingking Beach beserta tempat-tempat lucu di bawah ini (oke gue lupa bangett apa nama tempatnya) yang jelas  bagus banget dan tempatnnya ga jauh dari Kelingking Beach. Di tempat-tempat ini juga banyak monyet-monyet liar yang lucu dan nangkal, monyetnya aktif banget, kadang-kadang suka ngambil barang-barang milik kita.
Ini perhau untuk foto-foto cantik dan lagi-lagi ngeliat betapa besarnya kuasa Allah SWT

Ini dia, mininya Raja Ampat, bagus sekali, tenang, nyaman dan damai

Kalo ya di atas itu spot foto bagus, bentuknya seperti sarang burung

Nah ini adalah monyet-monyet lucu tapi nakal

          Setelah dari tempat-tempat lucu tersebut kita langsung cus ke destinasi yang super bagus yaitu Kelingking Beach, pantai ini dinamain Kelingking Beach karena bentuk tebing besarnya seperti jari kelingking (coba diperhatikan jari kelingking kalian). Perjalanan dari Broken Beach & Angel's Billabong ke Kelingking Beach kurang lebih 15 menit. Kenapa ke sininya sore hari? Karena, sun set di sini itu yang paling bagus, bener-bener bagus banget. Let me show you

Ini dia, Kelingking Beach

          Kelingking Beach ini merupakan salah satu objek wisata yang paling diminati di Penida bagian barat, sebenernya ada anak tangga untuk menuju pantai pasir putih yang ada di bawah sana tapi karena gue males turun yaudah deh nikmatin dari atas aja -.-. FYI anak tangga ini dibuat oleh warga lokal loh! keren banget ga si? Ngangkutin pasir dan semen beserta airnya yang berderigen-derigen dari atas ke bawah balik lagi dari bawah ke atas. 
          
          Buat kamu sang penikmat senja, bisa banget nikmatin senja di sini, selain sun-setnya yang bagus, view dan bentuk pantainya juga unik banget, dari Kelingking Beach ini kita bisa juga lihat patung Garuda Wisnu Kencana (GWK) yang ada di seberang sana. 

difotoin sama guidenya, jujur ngeri banget tapi bagus banget, kalian duduk di pinggir tebing yang kalo jatuh udah si fix bye




Nah, di atas itu gambar-gambar Kelingking Beach, nikamtin sunset, dengerin deburan ombak, menghirup udara segar, had a deep talk, and feeling happy.

          Lelah, keliling Penida Barat saatnya gue balik ke hotel, oh ya utuk paket travel ini gue ga dapet makan malam, jadi sama guidenya nanti kita di antar ke sebuah pasar di Penida yang menjual banyak makanan (hmm lagi-lagi gue lupa nama pasarnya apa). Pasar ini menyediakan berbagai macam jenis makanan dari yang halal-yang tidak halal you can choose what you want dan yang pasti harganya pas di kantong ga mahal tapi juga ga murah pokoknya pas.

         Penida punya ceritanya sendiri untuk siapa pun yang berkunjung, intinya jangan lupa untuk selalu berniat dan bersikap baik setiap kalian ingin berkunjung ke suatu tempat. Terima kasih Penida for givig me such a good memories I'll be back oneday :)

         Sekian part duanya, mohon maaf kalo masih banyak banget kekurangan, tidak jelas, ngebosenin dan tidak menggunakan PUEBI yang baik dan benar hehehehehehehhehe. Habis post ini gue akan post part terakhir. Terima kasih sudah baca huhuhuh. Gue liat ada yang baca aja seneng banget gimana ada comment hu terhura...



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Labuan Bajo

Buku-buku Dewi

Teks Prosedur Kompleks