Good Bye 2021

 WELCOME 2022!!!!

    Ga terasa ya, udah masuk awal tahun 2022 aja, perasaan baru kemarin 2021. Memasuki awal tahun ini tentunya banyak banget ga si yang kalian harapkan untuk kehidupan kalian? Kalo gue si tentu aja iya, salah satunya gue mau belajar dan sekolah lagi selain itu gua juga mau punya imam di setiap hari-hari gue (aamiin semoga dikabulkan tahun ini).

    Well, 2021 buat gua ga sepenuhnya jelek, ya yang pasti sama seperti tahun-tahun sebelumnya ada ups & downs, tapi yang jelas menjelang pertengahan akhir tahun emang ada aja yang menguras emosi, jiwa, raga, air mata, dan tentu saja uang ahhahaahah. Tahun 2021 kita semua masih harus terus menyesuaikan diri dengan perkembangan virus yang sampai saat ini masih belum selesai selain itu 2021 juga menjadi tahun dimana gue belajar menerima semua yang terjadi dalam hidup ini.

    Tujuh kata terakhir pada kalimat di atas sebenarnya akan terjadi sama semua orang si, karena ga mungkin kan Allah menakdirkan sesuatu di luar batas kemampuan hambanya, tapi buat gua di tahun tersebut beneran kaya tahunnya gua lebih dewasa, lebih bijak, lebih mengenal diri sendiri, dan banyak menikmati diri sendiri. Hal-hal yang selalu buat gue sedih, selalu buat gue kepikiran, dan ngerasa insecure bisa gua terima keadaanya sedikit demi sedikit.

    Menerima sesuatu yang buat kita sedih emang berat banget deh, jujur berat banget. Bahkan, lagi ngeliat sesuatu yang bikin gue agak trauma aja bisa langsung keluar air mata dan mual. Hari demi hari gue jalanin dengan pikiran "kapan deh selesai, capek banget" "Ya Allah, takut sedih" "Ya Allah, belum siap" dan berbagai keluh kesah lainnya. Kalian pasti ada banget kan yang ngalamin kaya gini? Gak mungkin gak ada. But then, dengan takdir-takdir seperti itu ternyata hal tersebut yang buat gue semakin menerima segala sesuatunya dengan lebih dewasa dan bijak lagi. 

    Mulai dari situ, gua belajar menikmati diri gue sendiri. Kenapa gitu? Emangnya selama ini ga nikmatin? Maksudnya apa tu? Iya, selama ini gue ga menikmati diri gue, terlalu banyak berekspektasi, banyak mengeluh, banyak escaping dari sesuatu yang belum bisa gua dapatkan terus malah jatuhnya menyiksa diri sendiri dengan rasa sedih, kecewa, gak bersyukur, dll. Gimana cara nikmatin diri sendiri? Well, setiap orang punya cara berbeda-beda nikmatin diri sendiri. Kalo gue, pulang kerja jalan kaki ke halte Transjakarta terus pulang naik Transjakarta aja bisa buat gue  menerima semua yang terjadi. Intinya sebenernya cuma satu "menerima" semua yang terjadi, dan dijadikan pelajaran jika memang ada. Yang terpenting juga kita harus jaga komunikasi sama yang milikin kita Allah SWT, curhatin semua masalah dan keluh kesahmu, terus biar Allah yang mengatur hasilnya.

    Kalo lihat ke belakang sebenernya kita tuh kuat banget, hebat banget bisa lewatin itu semua,  yang padahal saat itu kita ngerasa beraattt banget dan ngerasa gak mungkin bisa lewatin itu semua. Tapi, percaya deh guys, semua itu mampu kita lewatin karena Allah udah ngatur semuanya, walaupun semua terjadi di luar rencana gue, di luar track gue, tapi ternyata track itu yang terbaik buat gue. Waktu ngejalaninya gue emang ngerasa gak bahagia, nangis, kecewa, nyalahin diri sendiri tapi setelah terlewati gue malah jadi ngerasa bersyukur atas itu semua dan banyakkk banget yang bisa gua ambil maknanya. Emang ya, kita punya rencana tapi Allah itu pembuat rencana terbaik untuk umatNya.  

     Well, 2022 sudah jalan hampir dua bulan, bukan berarti gue ga ngerasain hal-hal yang terjadi di 2021. Gue tetep kok ngerasain, tapi paling tidak sedikit demi sedikit gue sudah tahu gimana caranya menerima semua yang terjadi. Inget guys, semua ada ada waktunya, semua ada takdirnya, tinggal gimana kitanya aja menjalani semua itu. Yang penting jangan pernah lupa untuk komunikasi sama Sang Pencipta, apa pun masalahnya Allah pasti bantu, apapun keinginan kalian Allah pasti kabulkan dengan jalan yang gak kalian duga.

    Terima kasih Allah untuk 2021nya, terima kasih diri sendiri yang mampu melewati semuanya, terima kasih atas segala sesuatu yang terjadi di tahun 2021. Bismillah untuk apapun yang Allah takdirkan di tahun ini. Semangat semuanya!!!


*PS : Maaf banget, kata orang pertamanya ga konsisten "gue dan gua" ahahhaha

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Labuan Bajo

Teks Prosedur Kompleks

Super Short Weekend Gateway in Bali Part 2